Pelatihan Kepemimpinan Perempuan Papua #3

24 - 28 October 2016
Propinsi PAPUA, Papua

Pelatihan Kepemimpinan Perempuan Papua ketiga dan terakhir dilaksanakan selama empat hari di Jayapura, dengan fokus kepada meningkatkan ketrampilan advokasi yang praktis dari peserta. Banyak perempuan yang menjadi peserta pelatihan ini sudah aktif menuntut perubahan di tempat tinggalnya, tetapi kadang-kadang masih merasa ragu mengangkat isu karena kurangnya ketrampilan dan pengetahuan, serta merasa kurang mampu untuk membahas isu tersebut dengan tokoh-tokoh kunci dari masyarakat dan pemerintah.

Pelatihan ini bertujuan mengatasi persoalan tersebut melalui pelatihan interaktif terkait berbicara di depan umum, melobi (tatap muka), mengambil peran pemimpin, dan mengorganisir masyarakat (community organising). Peserta melakukan banyak sesi praktek dan main peran, dan pada akhir pelatihan, 37% peserta mengatakan mereka merasa 'sangat siap' mengangkat isu ketidakadilan gender dengan tokoh adat (meningkat dari 23% pada awal pelatihan ketiga), sementara 57% merasa 'siap' melakukannya. Hanya 3% peserta mengatakan belum merasa mampu menjembatani komunikasi antara tokoh masyarakat tentang ketidakadilan gender, dibandingkan 20% pada awal pelatihan.

Peserta juga menyusun rencana advokasi untuk tiap empat daerah yang terlibat, dan akan mulai mengimplementasikannya pada bulan Desember. Tujuan-tujuan advokasinya termasuk mendorong dinas kesehatan setempat untuk mewajibkan pemeriksaan TB untuk semua ibu hamil di Kab. Jayapura, dan meminta dinas kesehatan mengalokasikan dana untuk ambulans bagi ketiga puskesmas dampingan Kinerja. Satu seri mentoring akan dilaksanakan pada bulan Desember untuk membantu peserta mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi selama advokasinya.

Back to Event page

 

Galeri Video

 
 
Situs Web ini dikembangkan oleh RTI International untuk U.S. Agency for International Development (USAID), berdasarkan perjanjian kerjasama no. AID-497-A-10-00003. Informasi yang disajikan dalam Situs ini bukan informasi resmi Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mewakili pandangan atau kedudukan U.S. Agency for International Development atau Pemerintah Amerika Serikat.
© 2011 RTI International. Hak cipta dilindungi, kecuali hak-hak untuk kepentingan Pemerintah Amerika Serikat. RTI International adalah nama dagang dari Research Triangle Institute.