Kisah Kami

Pemerintah Indonesia sedang berusaha untuk memperbaiki mutu pelayanan publik di seluruh nusantara, dengan fokus kepada pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi. Sebagai salah satu upaya terkait, pemerintah pusat telah mengeluarkan beberapa peraturan yang bertujuan meningkatkan kinerja pelayanan publik. Namun, masih banyak pemerintah daerah belum memiliki kemampuan yang cukup untuk memberikan pelayanan publik bermutu tinggi. Oleh karena ini, pelayanan publik di banyak wilayah masih lemah, kurang transparan, kurang akuntabel, dan tidak memenuhi kebutuhan masyarakat. Persoalan ini dipersulit karena rendahnya kesadaran masyarakat akan haknya, serta kurangnya kemauan dan kemampuan masyarakat untuk menuntut perbaikan dan perubahan.

Program USAID/Local Governance Service Improvement, yang dapat disingkatkan Kinerja, adalah sebuah proyek bantuan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di tiga sektor utama: kesehatan, pendidikan, dan perizinan usaha. Kinerja dilaksankan oleh RTI International.

Pada tahap awal, Kinerja berkonsultasi dengan banyak pihak – dari pemerintah pusat, USAID, donor lain, dan NGO dengan pengalaman di bidang fokus Kinerja – untuk menyusun sebuah ‘menu’ terbatas dari paket inovasi yang mencerminkan program prioritas pemerintah Indonesia. Pemerintah daerah mitra Kinerja memilih intervensi yang mana mereka ingin jalankan.

Kinerja mulai pada tahun 2011 di empat provinsi: Aceh, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Papua segera ditambah sebagai provinsi ke-lima. Kinerja telah selesai bekerja di provinsi ke-empat pertama pada pertengahan tahun 2015, tapi akan berlanjut di Papua sampai awal 2017.

 

Galeri Video

 
 
Situs Web ini dikembangkan oleh RTI International untuk U.S. Agency for International Development (USAID), berdasarkan perjanjian kerjasama no. AID-497-A-10-00003. Informasi yang disajikan dalam Situs ini bukan informasi resmi Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mewakili pandangan atau kedudukan U.S. Agency for International Development atau Pemerintah Amerika Serikat.
© 2011 RTI International. Hak cipta dilindungi, kecuali hak-hak untuk kepentingan Pemerintah Amerika Serikat. RTI International adalah nama dagang dari Research Triangle Institute.