Pendidikan

Siswa di sebuah sekolah mitra di Papua ©Kinerja

Manajemen Berbasis Sekolah

Kinerja dan mitra LSM kami bekerja langsung dengan sekolah dan komite sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui mendorong orang tua murid menjadi lebih terlibat. Kinerja membantu sekolah menjadi lebih responsif pada kebutuhan murid dan orang tua, lebih transparan dalam keuangan, dan lebih akuntabel kepada anggota masyarakat. Sekolah juga dibina untuk melibatkan orang tua murid secara aktif dalam perencanaan dan penganggaran, dan untuk mengadakan mekanisme penanganan pengaduan, seperti menjalankan survei pengaduan dan membuat kotak pengaduan. Melalui tata kelola baik dan lebih banyak keterlibatan orang tua, sekolah bisa memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik untuk murid, dan prestasi murid akan meningkat.

Analisis Biaya Operasional Satuan Pendidikan (BOSP)

BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah hibah Pemerintah Indonesia yang, sejak tahun 2011, dialokasikan ke anggaran pemerintah daerah dan kemudian diteruskan ke sekolah-sekolah untuk mendukung pengeluaran operasional pendidikan. Jumlah BOS sering tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran pendidikan yang sebenarnya. Banyak Kabupaten/Kota bersedia membiayai kekurangan ini tapi tidak mengetahui cara menghitungnya. BOSP mendukung dinas pendidikan kabupaten/kota dan pemangku kepentingan terkait untuk menganalisis biaya satuan pendidikan sebagai dasar untuk menentukan alokasi pendidikan secara keseluruhan per kabupaten/kota. Hasil analisis ini digunakan untuk mengetahui apakah terjadi kekurangan dana dan, jika ya, maka bagaimana mengatasinya. Kekurangan dana kemudian ditutupi dengan dana APBD kabupaten dan sumbangan dari masyarakat.

Distribusi Guru Proporsional

Banyak sekolah di Indonesia tidak memiliki cukup banyak guru untuk memenuhi kebutuhan pendidikan murid. Pada waktu yang sama, ada juga sekolah yang mempunyai terlalu banyak guru, sampai guru tersebut tidak bisa disertifikasi oleh pemerintah karena tidak kurangnya jam kerja. Perbedaan-perbedaan ini lebih terlihat lagi jika membandingkan daerah perkotaan dan perdesaan. Kinerja membina dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mereview, menganalisis, dan menyusun rekomendasi terkait distribusi guru, dengan tujuan untuk mendistribusikan kembali guru untuk memastikan guru dipekerjakan di mana mereka dibutuhkan. Distribusi guru yang proporsional menjamin sekolah memiliki cukup banyak guru serta guru bisa mendapatkan atau melanjutkan sertifikasi.

online viagra coupons coupons for prescriptions prescription drug discount cards

 

Galeri Video

 
 
Situs Web ini dikembangkan oleh RTI International untuk U.S. Agency for International Development (USAID), berdasarkan perjanjian kerjasama no. AID-497-A-10-00003. Informasi yang disajikan dalam Situs ini bukan informasi resmi Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mewakili pandangan atau kedudukan U.S. Agency for International Development atau Pemerintah Amerika Serikat.
© 2011 RTI International. Hak cipta dilindungi, kecuali hak-hak untuk kepentingan Pemerintah Amerika Serikat. RTI International adalah nama dagang dari Research Triangle Institute.