Media dan Jurnalisme Warga

Membahas pelayanan kesehatan pada saat talkshow radio ©Kinerja

Banyak provinsi di Indonesia sedang berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik. Namun, upaya ini sering tidak berhasil. Salah satu alasannya adalah ketidakadaan insentif (dorongan) untuk pemerintah daerah. Warga, yang merupakan pengguna pelayanan publik utama dan pendorong perubahan, masih sering tidak sadar atas haknya, dan jarang menuntut perbaikan mutu pelayanan. Selain itu, media yang meliputi isu pelayanan publik sangat minim. Ini menyebabkan kurangnya motivasi pemberi pelayanan publik untuk meningkatkan mutu pelayanannya.

Kinerja bekerja untuk meningkatkan kesadaran warga atas hak pada pelayanan publik bermutu, serta mendorong kapasitas mereka untuk advokasi melalui pelatihan jurnalisme dasar dan pembinaan. Setalah mengikuti pelatihan, jurnalis warga ini dibantu oleh Kinerja untuk membangun hubungan dengan pemberi layanan, seperti sekolah, puskesmas, dan dinas. Jurnalis warga ini membuat produk media dan menggunakannya untuk menuntut perbaikan melalui koran, radio, film dokumenter, dan media sosial.

online viagra coupons link prescription drug discount cards
discount prescription drug cards blog.brunothalmann.com prescription coupons

 

Galeri Video

 
 
Situs Web ini dikembangkan oleh RTI International untuk U.S. Agency for International Development (USAID), berdasarkan perjanjian kerjasama no. AID-497-A-10-00003. Informasi yang disajikan dalam Situs ini bukan informasi resmi Pemerintah Amerika Serikat dan tidak mewakili pandangan atau kedudukan U.S. Agency for International Development atau Pemerintah Amerika Serikat.
© 2011 RTI International. Hak cipta dilindungi, kecuali hak-hak untuk kepentingan Pemerintah Amerika Serikat. RTI International adalah nama dagang dari Research Triangle Institute.