Kelebihan dan Kekurangan Realme C15

Pada 28 Juli 2020, Realme resmi mengeluarkan produk perusak harga pasar Hp di kelas menengah ke bawah. Realme C15, Hp yang memiliki beberapa keunggulan yang seharusnya berada di kelas menengah ke atas. Keunggulan utama dari …

tampilan depan Realme C15

Pada 28 Juli 2020, Realme resmi mengeluarkan produk perusak harga pasar Hp di kelas menengah ke bawah. Realme C15, Hp yang memiliki beberapa keunggulan yang seharusnya berada di kelas menengah ke atas. Keunggulan utama dari Realme C15 ada di quad camera. Keempat kamera ini terdiri dari lensa utama 13MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP B/W dan kamera “retro” 2 MP.

Sebenarnya tidak hanya pada kamera saja yang menjadi keunggulan Realme C15. Dari sektor daya tahan Hp ini layak di acungkan jempol. Pasalnya, Hp ini selain memiliki baterai yang besar namun juga bisa berfungsi sebagai powerbank. Menarik, bukan? Maka dari itu kami merangkumkan 7 kelebihan dan kekurangan Realme C15 yang kami kutip dari laman updatetekno.com.

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

Catatan: Kami kasih sedikit bocoran di awal mengenai harganya dulu deh. Realme C15 pada saat awal peluncuran dipatok dengan harga Rp2,199,000 untuk varian 64 GB / 4 GB RAM. Tentu, sekarang pasti harga jauh lebih murah.

Kelebihan Realme C15

  1. Kapasitas baterai yang besar

Realme C15 menggunakan baterai yang tidak tanggung-tanggung yaitu 6000 mAh. Bahkan dilengkapi dengan quick charge 18W. Sungguh kemampuan daya tahan yang tinggi. Di segmen yang sama dan harga yang sama paling besar, Normalnya cuma berkapasitas 5000 mAh. Maka dari awal kami bilang kalau produk ini perusak harga Hp di kelas menengah ke bawah.

Dengan kapasitas baterai 6000 mAh, kamu bisa melakukan banyak aktivitas dengan durasi yang lama. Kamu bisa mencoba memutar sebuah berkas MP4 dengan resolusi 1080p secara terus menerus selama 20 jam.

  1. Sudah mendukung fast charging 18W

Kapasitas baterai yang besar pasti perlu pengisian daya yang cepat. Realme C15 sudah mengusung fast charging 18W. Jadi, kamu bisa mengisi daya dari 0 sampai 100% selama kurang lebih 2 jam 29 menit. Lumayan jika seharian dipakai dan di isi pada saat malam hari dan bangun pagi sudah kembali full.

  1. Bisa juga berfungsi sebagai powerbank

 Jika membicarakan soal daya tahan baterai dari Realme C15 seakan tidak ada habisnya. Realme memberikan fitur tambahan yaitu Realme C15 bisa menjadi powerbank untuk perangkat Hp lainnya. Hal ini bisa terjadi karena Realme dibekali dengan teknologi reverse charging sebesar 6,5W. Jika ada teman kerja atau yang lainnya memerlukan listrik dadakan, kamu bisa jadi penyelamat mereka.

  1. Sudah dilengkapi dengan quad camera

Sudah cukup membahas tentang daya tahannya, mari pindah membahas bagian kamera. Pada belakang Realme C15 dibekali dengan quad camera. Keempat kamera ini terdiri dari lensa utama 13MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP B/W dan kamera “retro” 2 MP. Kamera utama Hp ini sudah didukung PDAF (phase Detection Auto Focus), HDR, dan panorama. Jika dilakukan perekaman video, Hp ini bisa merekam diresolusi 1080p@30fps.

Kekurangan Realme C15

  1. Performa chipset masih kurang bertenaga

Performa ini dari Realme C15 masih menggunakan chipset Helio G35. Jadi, jangan berharap lebih jika digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile. Kalau ingin memaksa, gunakan pengaturan grafik terendah agar lebih lama bermain. Untuk kelas harga hampir pas di 2 juta, Hp ini masih bisa dimaklumi.

  1. Masih menggunakan resolusi HD+

Realme C15 memiliki resolusi layar yang masih kalah dengan pesaingnya. Hp ini hanya dilengkapi dengan resolusi HD+ (720×1600 piksel) dengan body rasio 20:9. Akan sangat menghancurkan harga pasar Hp dikelas menengah ke bawah jika diberikan resolusi setidaknya FHD. Tapi sayang, dalam hal resolusi layar Realme C15 masih di bawah Redmi 9 yang sudah FHD+.

  1. Belum mendukung USB tipe C

Di zaman sekarang teknologi sudah banyak yang beralih ke konektivitas USB tipe C. Namun, Realme C15 masih menggunakan microUSB. Tapi ya, dengan menggunakan microUSB ini dapat memangkas harga yang cukup lumayan. Realme C15 juga sudah didukung fast charging, jadi kekurangan pada konektivitas dapat ditambal.

Kesimpulan

Realme C15 ini cocok buat kamu pengguna biasa yang suka bepergian. Hp ini menawarkan baterai dengan kapasitas 6000 mAh, quad camera, dan harga yang masih masuk akal. Bagi kamu yang ingin mencari Realme C15 kami akan memberikan patokan harga saat ini.

  • Harga baru Realme C15 varian 64 GB / 4 GB RAM berkisar Rp1,900,000.
  • Harga bekas Realme C15 varian 64 GB / 4 GB RAM berkisar Rp1,670,000.

Catatan: Harga di atas bisa sewaktu-waktu berubah karena terjadi lonjakan atau penurunan permintaan & penjualan di pasar smartphone Indonesia.

Leave a Comment