7 Tempat Wisata Terpopuler di Banten 2021

Lagi cari rekomendasi tempat wisata di Banten untuk libur akhir pekan? Berikut 7 tempat wisata terpopular di Banten yang layak kamu kunjungi. Selengkapnya.

Tempat-Wisata-Terpopuler-di-Banten

Kamu sudah pernah ke ujung paling barat Pulau Jawa? Ya, di sinilah Banten berada. Banten merupakan provinsi paling barat di Pulau Jawa. Bukan cuma letak geografis yang unik, tapi Banten juga memiliki tempat-tempat wisata menarik. Bahkan, ada juga destinasi baru yang kekinian.

Tempat wisata di Banten sangat populer dan memiliki ciri khasnya sendiri. Sehingga, cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata saat libutan. Biar kamu tidak salah pilih tempat wisata saat liburan di Banten, berikut ulasan lengkap 7 tempat wisata terpopuler di Banten:Masjid Agung Banten. Penasaran? Langsung aja kita simak pembahasannya. Yuk, lanjut baca.

1. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten di Sore Hari
Masjid Agung Banten di Sore Hari (Sumber: Instagram.com/dudisugandi/)
LokasiKomplek masjid agung Banten RT/RW 001/011, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Fasilitas wisataMasjid, toilet, area parkir luas.
Rating ulasan4,6/5.0 – 10.757 ulasan Google.

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Maka dari itu, masjid ini sarat akan nilai sejarah. Masjid Agung Banten dibangun pada saat berlangsungnya pemerintahan Sultan Hasanuddin. Beliau kala itu merupakan raja pertama Kesultanan Banten.

Sultan Hasanuddin sekaligus adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Beliau seorang tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di tanah air. Kemudian, tentang Masjid Agung Banten, bangunannya seluas 1,3 hektar. Masjidnya dikelilingi tembok setinggi 1 meter. Menara masjid begitu unik dengan bentuk menyerupai mercusuar. Letaknya ada di sebelah timur masjid.

Di samping itu, masjid ini memiliki arsitektur menawan. Arsitekturnya memadukan gaya Tiongkok, Hindu, Eropa, dan Jawa. Masjid nan megah ini sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata religi. Masjid Agung Banten jaraknya paling dekat dari Serang, hanya 10,4 km. Lama perjalanan dari Serang ke Masjid Agung Banten sekitar 21 menit.

2. Telaga Biru Cisoka

Keindahan Telaga Biru Cisoka, Banten.
Keindahan Telaga Biru Cisoka, Banten.
LokasiJl. Cigaru Cisoka, Cisoka, Kec. Cisoka, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp7.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet umum, tempat makan, masjid, penginapan.
Rating ulasan4,0/5.0 – 6.063 ulasan Google.

Telaga Biru Cisoka benar-benar eksotis. Seperti namanya, warna airnya biru sebening kristal. Dahulu, tempat ini merupakan area galian pasir sejak tahun 1999 sampai 2005. Setelah ditinggalkan, area ini menjadi tidak terurus. Kemudian, karena guyuran hujan dari waktu ke waktu, air menggenangi tempat ini.

Semakin lama genangan airnya makin dalam, sehingga mengisi kubangan besar tersebut. Akhirnya, tempat ini pun menjadi sebuah telaga. Awalnya, warna airnya sangat keruh. Namun, waktu berjalan dan partikel penyebab air keruh tersebut mulai tenggelam. Airnya pun berubah menjadi bersih. Bahkan, sampai bening dan berwarna biru.

Di sini, ada tiga telaga dengan kedalaman berbeda, yaitu 5 meter, 15 meter, dan 20 meter. Nah, di tempat ini, kamu bisa berfoto di spot-spot pinggir telaga. Kamu juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling telaga, seru banget. Sedangkan, untuk ke lokasi, kamu bisa berangkat dari Tangerang dengan jarak 40,3 km, sekitar 1 jam perjalanan.

3. Pantai Sawarna

Spot foto ikonis, Tanjung Layar, pantai Sawarna, Banten.
Spot foto ikonis, Tanjung Layar, pantai Sawarna, Banten.
LokasiDesa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisataTempat makan, toilet, tempat beristirahat, spot foto di batu-batu karang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 5.940 ulasan Google.

Pantai Sawarna lagi naik daun saat ini. Pemandangannya begitu indah, serta bukan cuma pantai yang ada di kawasan ini. Terdapat wana wisata pegunungan, goa, sungai, dan tentunya pantai dengan pasir putih. Lengkap, bukan. Dari Banten ke lokasi, perjalanan memang sedikit lama, yaitu sekitar 2 jam 42 menit. Namun, keindahan pantainya sepadan dengan perjalananmu.

Ada sedikit cerita tentang sejarahnya. Pada tahun 1907 ada tokoh Belanda bernama Jean Louis van Gogh. Dia membuka hutan belantara di sepanjang Tanjung Layar sampai Ciantir. Tujuannya untuk dijadikan perkebunan kelapa dengan luas 54 hektar. Banyak penduduk pribumi yang dipekerjakan, terutama orang luar Banten.

Akhirnya, mereka mendirikan perkampungan, dan diberi nama Sawarna. Seiring waktu berjalan, daerah ini makin ramai dikunjungi wisatawan. Oh iya, kalau mau masuk ke Pantai Sawarna, ada beberapa pos masuknya. Pos-pos tersebut yakni Pantai Tanjung Layar dan Pantai Pasir Putih. Lalu, ada pos Pantai Goa Langit, Karang Bokor, Legon Pari, Goa Lalay, dan Pantai Pulo Manuk.

4. Pantai Tanjung Pasir

Kondisi terkini pantai Tanjung Pasir, Banten.
Kondisi terkini pantai Tanjung Pasir, Banten.
LokasiTj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir luas, toilet, kamar ganti, toko cinderamata, tempat makan, resort dan penginapan.
Rating ulasan4,0/5.0 – 5.905 ulasan Google.

Pantai Tanjung Pasir adalah destinasi populer untuk memancing. Pemandangan pantai ini juga keren banget. Kamu bisa melihat deretan pulau nan eksotis dari bibir pantainya. Kemudian, pasir dan pepohonan pantainya terlihat indah menawan. Di sini, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menyaksikan panorama pantai yang indah, apalagi saat sunset.

Lalu, kamu juga dapat mengajak keluarga dan teman untuk piknik. Ramai-ramai pasti makin seru. Kalau mau basah-basahan, bisa banget kamu berenang, sambil main pasir sekalian. Bahkan, kamu bisa naik perahu untuk berkeliling pulau-pulau. Kalau mau yang beda, coba aja olahraga air banana boat. Seru dan aman banget karena kamu dibekali pelampung.

Oh iya, kamu juga bisa mampir ke Tangerang Mangrove Center di kawasan pantai ini. Selain itu, sempatkan wisata kuliner yang lezat, terutama menikmati ikan bakarnya. Nah, untuk lokasi Pantai Tanjung Pasir yaitu berada sekitar 21,7 km dari Tangerang. Perjalanannya kurang lebih 1 jam saja.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Wisata di Banten - Taman Nasional Ujung Kulon
Wisata di Banten – Taman Nasional Ujung Kulon.
LokasiKecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisataPenginapan, dermaga, pusat informasi, pos jaga.
Rating ulasan4,4/5.0 – 3.416 ulasan Google.

Taman Nasional Ujung Kulon seru banget. Sebab, di dalam kawasan ini, ada banyak aktivitas wisata buat kamu. Salah satunya mengunjungi Pulau Peucang. Dream island ini sangat indah. Kamu bisa snorkeling dan diving untuk melihat indahnya kehidupan bawah lautnya. Di pulau ini, juga ada rusa dan monyet yang bisa kamu ajak bercengkerama.

Kemudian, kamu juga bisa pergi ke Padang Penggembalaan Cidaon untuk melihat banteng. Atau ke tempat satunya, Padang Penggembalaan Cibunar. Kamu pun bisa coba trekking dari Cidaon ke Cibunar. Di sepanjang jalur trekking, kamu akan berjumpa aneka ragam burung serta vegetasi pakan badak. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Gua Sanghyangsirah yang sakral.

Lalu, teruskan menjelajah ke Kepulauan Handeuleum dengan kekayaan alam beragam. Ada hutan bakau yang menjadi habitat burung, reptil, serta biota air payau. Cobalah juga susur sungai dengan naik kano, ini mengesankan! Masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu coba. Kalau menuju lokasi dari pusat Banten, perjalanannya sekitar 4 jam.

6. Wisata Agro Bukit Waruwangi

Wisata di Banten - Wisata Agro Bukit Waruwangi
Wisata Agro Bukit Waruwangi (Sumber: Instagram.com/bukitwaruwangi/).
LokasiBantarwangi, Kec. Cinangka, Serang, Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp3.000/orang.
Fasilitas wisataPenginapan, camping ground, kafe, toilet, area parkir, musala, spot foto.
Rating ulasan4,5/5.0 – 1.329 ulasan Google.

Wisata Agro Bukit Waruwangi merupakan destinasi kekinian. Jaraknya dari pusat Banten sekitar 47,6 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Wisata Agro Bukit Waruwangi juga merupakan salah satu tempat camping di Banten yang terbaik. Lokasinya ada di dataran tinggi, dikelilingi pegunungan hijau yang memesona. Dengan lahan seluas 120 hektar, tempat ini sangat ideal buat mendirikan tenda untuk camping.

Area camping di Bukit Waruwangi, Banten
Area camping di Bukit Waruwangi, Banten.

Di sini, ada banyak aktivitas buat kamu coba. Kalau kamu lagi mager, kamu cukup jalan-jalan santai menikmati keindahannya. Jangan lewatkan sunrise beserta sunset yang indah. Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan sapi dan rusa. Hewan-hewan tersebut sudah jinak, dan mereka juga ramah. Kamu pun boleh memberi makanan kepada mereka.

Nggak ketinggalan yang seru banget yaitu menikmati kulinernya. Ada pondok kopi Rangkong yang terkenal sebagai spot favorit. Wisatawan menyukainya. View-nya asyik banget, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rangkong sambil ngopi. Selain itu, juga tersedia kolam renang dilengkapi wahana permainan anak seperti perosotan. Asyik pokoknya.

7. Puncak Pinang

Wisata di Banten - Puncak Pinang
Wisata di Banten – Puncak Pinang.
LokasiKecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, spot foto.
Rating ulasan4,1/5.0 – 292 ulasan Google.

Puncak Pinang lebih sering dikenal dengan nama Gunung Pinang. Nah, tempat wisata ini mungkin belum sepopuler destinasi lainnya. Namun, Gunung Pinang memiliki pemandangan yang mengagumkan. Lokasinya berada di Serang, Banten. Dari Serang ke lokasi, jaraknya sekitar 11,6 km. Kamu dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih setengah jam.

Gunung Pinang berada di ketinggian 300 mdpl. Kamu bisa melihat indahnya pemandangan alam perbukitan dari atas. Sungguh terlihat elok serta memanjakan mata. Idealnya, kunjungilah tempat ini di akhir pekan buat liburan. Datanglah saat pagi agar tidak panas. Selain menikmati udara sejuk, kamu bisa berfoto sambil menyaksikan panorama hijau yang segar.

Terdapat banyak spot foto di Gunung Pinang. Semuanya sudah dikelola dengan baik. Ada beragam gardu pandang termasuk dengan model love dan perahu. Menarik, kan. Kemudian, ada spot foto payung warna-warni, frame love, serta rumah hobbit. Ada pula spot foto seru seperti balon udara, sky bike, rumah unik, dan jam pohon. Tempat ini memang cocok untuk pencinta fotografi.

Itu tadi tempat wisata terpopuler di Banten 2021. Dari semua destinasi tadi, kamu sudah pernah ke mana? Kalau semuanya masih baru buat kamu, sekarang waktunya kamu jalan-jalan ke sana. Secara pribadi, Telaga Biru Cisoka menjadi favorit kami. Sebab, telaga ini terbentuk secara alami hingga menjadi sangat eksotis, sungguh memikat. Atau, mungkin kamu ada rekomendasi tempat wisata favoritmu. Tulis di kolom komentar, ya.

Leave a Comment