7 Tempat Wisata Terpopuler di Gunungkidul (2021)

Lagi pengen liburan yang asyik dan berkesan? Cobain 7 wisata terpopuler di Gunung kidul berikut ini. Kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

Tempat-Wisata-Terpopuler-di-Gunungkidul

Siapa yang bisa lupa akan suasana Yogyakarta. Apalagi, buat kamu yang suka traveling. Akan tetapi, mungkin kamu bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Kenapa tidak melancong ke Gunungkidul untuk nikmati suasana berbeda. Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibukotanya adalah Wonosari.

FYI, di Gunungkidul ada banyak tempat wisata yang seru banget. Misalnya, Bukit Bintang, pantai Drini, Embung Nglanggeran, Goa Pindul, Air Terjun Lepo Dlingo, dll. Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

1. Bukit Bintang

Wisata-Gunungkidul-Bukit-Bintang
Wisata Gunungkidul – Bukit Bintang.
LokasiArea Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaBuka setiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Fasilitas wisataSpot foto, area parkir, toilet, restoran, penginapan.
Rating ulasan4,5/5.0 – 21.699 ulasan Google.

Bukit Bintang adalah wisata alam yang romantis. Kamu bisa melihat keindahan kota Yogyakarta dari ketinggian. Sebab, lokasinya berada di atas bukit. Panorama di sini cocok banget untuk pencinta fotografi. Saat sore, kamu bisa melihat sunset yang cantik. Ketika malam, kamu dapat menyaksikan taburan lampu kota di kejauhan.

Kemudian, saat cuaca cerah, akan terlihat siluet Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pas banget untuk mengambil foto di sini. Oh iya, ada sedikit cerita tentang sejarahnya. Dahulu, Bukit Bintang dikenal dengan nama Bukit Hargodumilah. Tempat ini adalah pesanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX di tahun 1972. Tanah bukit ini pun masih milik Sultan hingga kini.

Saat terjadi Gempa Bentul pada tahun 2006, pemukiman penduduk banyak yang rusak. Akhirnya, pasca gempa, para penduduk mendirikan bangunan di bukit ini. Waktu berjalan dan semakin banyak dibangun warung dan kedai kopi. Jadilah bukit ini tujuan wisata malam. Makanya, nikmati juga kulinernya. Ada kopi, wedang jahe, bandrek, jagung bakar, dan lainnya.

2. Pantai Drini

Wisata-Gunungkidul---Pantai-Drini
Pantai Drini, Gunungkidul, Yogyakarta.
LokasiDesa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaBuka setiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, warung makan, tempat ibadah, gazebo, ruang bilas, toko cinderamata, surfing, snorkeling, kano.
Rating ulasan4,5/5.0 – 9.203 ulasan Google.

Pantai Drini merupakan sebuah pantai di selatan Gunungkidul. Pantai ini juga disebut “Pantai Perawan” karena kondisinya yang bersih dengan suasana masih alami. Pasirnya putih kemudian aliran airnya tenang dan udaranya sejuk. Makanya, setiap spot di pantai ini juga instagrammable.

Banyak banget aktivitas bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa menjelajah sisi barat dan timur pantai. Di barat, ada tempat pelelangan ikan dan perahu-perahu nelayan berlabuh. Di timur, ada pemandangan pasir putih dengan ombak tenang dan perbukitan hijau.

Selain itu, kamu juga bisa duduk di bawah payung-payung sambil menikmati pemandangan. Kamu pun dapat berenang, bermain pasir dan main air karena ombaknya tenang. Ada juga aktivitas seru seperti naik kano dan snorkeling. Bisa juga surfing saat ombaknya besar. Lalu yang tak boleh ketinggalan yaitu kuliner. Nikmati olahan hasil laut segar nan lezat di sini.

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta.
LokasiNglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaBuka setiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang (siang hari). Rp15.000/orang (malam hari).
Fasilitas wisataArea parkir luas, toilet, masjid, warung, undakan tangga menuju bukit, saung, gardu pandang, gazebo.
Rating ulasan4,5/5.0 – 4.520 ulasan Google.

Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang cantik. Lokasinya berada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain ke tempat wisata danaunya, kamu juga bisa berkemah di gunungnya. Gunung ini terkenal dengan pemandangan sunset dan sunrise-nya. Inilah yang dicari para pendaki. Makanya, kawasan ini menjadi salah satu tempat camping di Jogja paling populer.

Nah, beda lagi daya tariknya dengan embung yang menjadi ikonnya. Danau tersebut mengaliri kebun buah di bawahnya. Kalau mau menikmati keindahan danaunya, kamu bisa datang langsung tanpa perlu trekking. Danau seluas 60×60 meter ini, berlatar pemandangan tebing Gunung Api Purba Nglanggeran. Indah banget panorama yang bisa kamu saksikan.

Apalagi, ketika melihat matahari terbit dan terbenam, yang tampak menyembul di kejauhan. Akan tetapi, kamu dilarang berenang dan memancing di danaunya. Cukup nikmati pemandangan sembari berfoto aja. Tempat ini begitu indah sekaligus romantis suasananya.

4. Goa Pindul Jogja

Wisata-Gunungkidul-Goa-Pindul-Jogja
Wisata Goa Pindul Jogja.
LokasiGelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 07.00 – 16.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, rumah makan, penginapan.
Rating ulasan4,5/5.0 – 3.350 ulasan Google.

Goa Pindul Jogja sangat populer. Bahkan Goa Pindul menjadi salah satu ikon wisata Gunungkidul. Tempat ini adalah salah satu dari tujuh gua di Beringharjo dengan aliran sungai bawah tanah. Makanya, aktivitas yang terkenal di Goa Pindul adalah cave tubing. Cave tubing merupakan kegiatan susur gua dengan naik di atas ban dalam.

Selain itu, gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang mengagumkan. Kamu pasti bakal takjub melihatnya saat melakukan susur gua bawah tanah. Nggak perlu khawatir karena cave tubing aman dilakukan siapa saja. Bahkan anak kecil dan pemula bisa melakukannya.

Untuk menikmati aktivitas tersebut, sudah ada pemandu cave tubing. Kamu pun akan diberi jaket pelampung dan senter kepala atau headlamp. Oleh karena itu, Goa Pindul cocok menjadi tempat wisata alam sekaligus untuk kegiatan olahraga seru. Cocok dikunjungi ramai-ramai bersama rombongan.

5. Ancient Volcano Nglanggeran

Wisata-Gunungkidul-Ancient-Volcano-Nglanggeran
Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunungkidul.
LokasiNglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaSelasa – Minggu, 08.00 – 18.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Fasilitas wisataCamping ground, tempat ibadah, toilet, jalur pendakian, pusat kuliner, posko kesehatan, pusat informasi, homestay, balai pertemuan.
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.928 ulasan.

Ancient Volcano Nglanggeran atau Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan ekowisata di Gunungkidul. Ada tiga spot utama, yaitu puncak Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, dan Air Terjun Kedung Kandang. Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ada di ketinggian 700 mdpl. Para pemburu sunrise sangat menyukai spot tersebut.

Matahari terbitnya sangat indah, kamu bisa menyaksikan golden sunrise. Gunung ini juga tempat favorit buat camping, tapi tak di puncaknya. Sekitar 50 meter dari puncak, kamu bisa mendirikan tenda.Sementara, Embung Nglanggeran merupakan tampungan air, sejenis danau buatan. Luasnya 0,34 hektar dan difungsikan sebagai pengairan, untuk kebun buah kelengkeng dan durian.

Pemandangan embung terlihat eksotis, sekaligus chill banget, cocok untuk relaksasi. Kemudian, ada satu spot lagi yaitu air terjun musiman. Lokasinya di selatan Gunung Api Purba. Air terjun ini berada di tengah hamparan terasering sawah. Bentuknya undakan berbatuan vulkanik, amat sangat menarik. Selain itu, debit airnya deras saat musim hujan saja. Makanya, disebut juga air terjun musiman.

6. Taman Bunga Amarilis

Wisata-Gunungkidul-Taman-Bunga-Amarilis
Taman Bunga Amarilis, Gunungkidul.
LokasiNgasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, persewaan payung.
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.687 ulasan Google.

Taman Bunga Amarilis begitu indah. Taman ini booming sejak tahun 2015. Padahal, dahulu tempat ini merupakan tanah tandus di Gunungkidul. Namun, kini kawasan tersebut ditumbuhi bunga amarilis. Sering kali, bunga amarilis disebut sebagai gulma tanaman. Akan tetapi, saat mekar, kelopak bunganya berwarna oranye terlihat cantik. Jadi, sayang kalau dibabat.

By the way, ada nama lokal untuk keindahan bunga tersebut, yaitu Puspa Patuk. Sementara, nama Latin bunga amarilis adalah Hippeastrum Amaryllidaceae. Kalau dalam Bahasa Jawa, kadang disebut dengan Brambang Broncot. Sebab, akar bunganya berbentuk mirip dengan bawang bombai besar.

Oh iya, bunga amarilis mekar bersamaan pada awal musim hujan. Akan tetapi, mekarnya tidak lama, sekitar dua atau tiga minggu saja. Sebab, bunganya tidak tahan saat terguyur banyak air. Nah, di taman bunga ini, kamu bisa berkeliling menikmati keindahannya. Sudah ada jalan setapak yang membuatmu lebih dekat dengan bunga-bunganya. Semakin memudahkanmu mencari angle yang bagus untuk berfoto.

7. Air Terjun LEPO Dlingo

Wisata-Gunungkidul-Air-Terjun-LEPO-Dlingo
Air Terjun LEPO Dlingo, Gunungkidul.
LokasiDusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Bayar sukarela.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, tempat makan.
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.250 ulasan Google.

Air terjun LEPO Dlingo adalah wisata alam yang memesona. Airnya mengalir dari pegunungan dan perbukitan Bantul. Tempatnya sangat alami dengan air jernih. Udaranya juga bersih dan segar, dengan angin pegunungan yang sejuk. Air terjunnya juga menarik. Terdapat tiga air terjun dan empat kolam yang airnya jernih.

Kolam pertama kedalamannya sekitar 2 meter, sehingga banyak digunakan oleh dewasa dan remaja. Lalu, kolam kedua dikelilingi berbatuan yang terbentuk alami, makanya terlihat eksotis sekali. Sedangkan, kolam ketiga adalah yang paling dangkal. Bagian dasar kolam tersebut tertutup oleh endapan kapur yang terlihat dari permukaan airnya.

Anak-anak yang ingin bermain air disarankan menggunakan kolam kedua, atau ketiga karena paling aman. Lalu, tinggal kolam keempat dan terakhir. Kolamnya memiliki kedalaman seperti kolam pertama, hanya saja areanya lebih sempit. Seru banget menghabiskan waktu di air terjun ini. Terutama, kamu bisa berfoto-foto karena tempatnya instagrammable.

Demikian tempat wisata terpopuler di Gunungkidul 2021. Kebanyakan merupakan wisata alam yang cocok buat menyegarkan badan sekaligus pikiran. Destinasi favorit kami secara pribadi adalah Embung Nglanggeran. Simply karena tempatnya unik, memadukan keindahan alam dengan karya buatan manusia. Danaunya sederhana tapi memiliki makna serta panorama yang indah. Gimana dengan kamu, sudahkah mampir ke tempat wisata yang ada dalam daftar? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Leave a Comment