10 Tempat Wisata Terbaik di Wonosobo yang Lagi Hits (2022)

Lagi nyari wisata asik di sekitar Wonosobo? Nih, ada 10 tempat wisata menarik yang lagi hits di Wonosobo. Buruan kesana saat liburan ya dan segera cobain keseruannya.

Tempat-Wisata-Terbaik-di-Wonosobo-yang-Lagi-Hits

Memiliki hawa atau suhu yang dingin membuang wilayah Wonosobo dan sekitarnya menjadi tujuan wisata yang unik. Tidak hanya itu, Wonosobo dan sekitarnya juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik. Karena hal tersebutlah, banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke Wonosobo. Lantas, di mana tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi? Setidaknya, 10 tempat wisata pilihan yang ada di artikel ini, wajib kamu kunjungi minimal 1 kali. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Wonosobo:

1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/its.ilea/)
LokasiBakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000.
Rating ulasan4.4/5.0 – 21.534 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo1 jam 4 menit (28.7 km) via Jl. Dieng.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto. Tempat jual souvenir. Penyewaan wahana seperti motor offroad, jip.Flying fox.  

Kawah Sikidang termasuk sebagai salah satu tempat wisata paling ikonisdi Wonosobo dan Banjarnegara. Sesuai namanya, tempat wisata ini berbentuk kawah dan mengeluarkan zat belerang, lumpur dan asap. Karena hal tersebut, kamu wajib mengenakan masker karena baunya yang menyengat.

Lalu, apakah hanya bisa menikmati bau belerang saat berwisata di Kawah Sikidang? Tentu saja tidak. Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan atau temukan di Kawah Sikidang, di antaranya:

  • Berfoto di spots foto yang ada atau di jembatan yang menuju ke arah kawah. Kamu juga bisa foto bersama hewan misalnya dengan burung hantu atau kuda.
  • Merebus telur menggunakan air kawah. Tenang saja, ada kolam khusus untuk kamu yang ingin merebus telur dengan kematangan yang kamu inginkan. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan tetap bisa merebus telur dengan aman.
  • Menguji adrenalin dengan menyewa wahana. Misalnya motor trail dengan sewa Rp50.000 per 30 menit atau jip dengan biaya Rp300.000 per 6 orang.
  • Bermain flying fox.
  • Berbelanja suvenir, misalnya carica.

Dengan banyaknya atraksi wisata tersebut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp20.000. Murah kan? Apalagi, besaran tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Candi Arjuna.

Jadi, berencana untuk ke Kawah Sikidang saat liburan?

2. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/destinasi_idn/)
LokasiSembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 02.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000.
Rating ulasan4.7/5.0 – 13.214 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo54 menit (22,8 km) via Jl. Dieng. 1 jam 15 menit (29,9 km) via Jl. Watumalang.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTelaga Cebong.

Suka melihat sunset atau sunrise? Bukit Sikunir Dieng bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. Dari Bukit Sikunir ini, kamu tidak hanya bisa melihat sunset dan sunrise, tapi juga lautan awan dan pemandangan gunung, seperti:

  • Gunung Prau.
  • Gunung Sumbing.
  • Gunung Sindoro.

“Bagaimana dengan medannya? Apakah susah?”

Tidak karena aksesnya yang sudah baik dan ramah untuk dilewati oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Untuk sampai ke puncak bukit dengan ketinggian 2300 mdpl ini, kamu perlu waktu sekitar 30 menit hingga 1,5 jam.

For your information, ada 2 jalur pendakian, yaitu dari:

  • Desa Sembungan: jalur ini lebih mudah karena kamu bisa parkir di lereng bukit. Kamu perlu melewati jalur pendakian sepanjang 800 meter sebelum sampai ke puncak.
  • Desa Tieng: jalur pendakian ini cukup menantang untuk sampai ke lereng bukit dan biasanya digunakan oleh petani setempat. Untuk sampai ke puncak Sikunir, kamu perlu menempuh jarak 2,2 km dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Apakah bisa camping? Bisa.

Jika kamu ingin camping, kamu hanya bisa camping di sekitar Telaga Cebong yang ada di sekitar tempat parkir Desa Sembungan. Area camping di dekat telaga ini sangat cantik bahkan menjadi salah satu dari 5 tempat camping terbaik di Dieng.

Kenapa nggak camping di puncak? Karena wisatawan tidak diperkenankan untuk membangun tenda di puncak Bukit Sikunir. Tenda akan mengganggu wisatawan yang ingin menikmati keindahan bukit sikunir.

Lalu, apa hanya bisa menikmati sunset dan sunrise di Bukit Sikunir? Kamu juga bisa menikmati keindahan Telaga Cebong dan membeli oleh-oleh atau menikmati makanan yang dijual di warung, seperti ubi rebus.

Jadi, siap liburan ke Bukit Sikunir dan menikmati indahnya golden sunrise?

3. Candi Arjuna

Wisata-Sekitar-Wonosobo---Candi-Arjuna
Candi Arjuna (kredit foto: instagram.com/onitograph/)
LokasiKarangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000—Rp30.000.  
Rating ulasan4.6/5.0 – 11.791 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo51 menit (26,7 km) via Jl. Dieng.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataMenaiki kuda. Taman bunga. Museum Kailasa.

Kamu ingin merasakan dinginnya suhu di Dieng sambil menikmati keindahan candi? Candi Arjuna bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Apakah hanya ada Candi Arjuna di kompleks ini? Tentu saja tidak. Ada 5 candi di Kompleks Candi Arjuna, yaitu:

  • Candi Arjuna.
  • Candi Srikandi.
  • Candi Semar.
  • Candi Puntadewa.
  • Candi Sembadra.

Di Candi Arjuna, kamu bisa melihat rumput yang membeku di suhu -5oC sehingga kawasan terlihat seperti es atau salju. Fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik atau pun mancanegara.

Selain melihat atau menikmati embun es, kamu bisa melakukan hal berikut saat berkunjung di Candi Arjuna:

  • Menikmati keindahan taman bunga.
  • Menaiki kuda.
  • Mengunjungi Museum Kailasa yang ada di utara candi. Di sini, kamu bisa melihat film dokumenter tentang Dieng hingga melihat koleksi peninggalan sejarah dari zaman Mataram Kuno.
  • Berwisata kuliner misalnya menikmati kentang goreng khas Dieng.

Bagaimana dengan aksesnya? Aksesnya cukup bagus. Hanya saja, jika kamu menggunakan bus besar, maka hanya bisa sampai di parkiran lalu ganti dengan bus sedang.

Kenapa? Ini karena tanjakan untuk sampai ke Candi Arjuna cukup tinggi. Karena itu, demi keamanan kamu, direkomendasikan menggunakan kendaraan kecil atau maksimal menggunakan jenis kendaraan Elf.

Untuk tiketnya sendiri, sebesar Rp15.000 per orang. Besar tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, lebih baik kamu konfirmasi ke petugas tiket terutama jika ingin membeli tiket terusan ke Kawah Sikidang.

Yuk lanjut ke tempat wisata berikutnya!

4. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/its_hakim18/)
LokasiTheater, Jl. Dieng, Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00—17.30 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Rating ulasan4.7/5.0 – 6.196 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo51 menit (28,4 km) via Jl. Dieng.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto. Telaga Warna. Telaga Pengilon. Jembatan Gantung Merah Putih. Flying fox.

Sesuai namanya, Batu Pandang Ratapan Angin memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan seperti Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari atas. Ratapan angin ini sendiri diperoleh karena ketika angin melewati bebatuan yang ada di sini, suaranya seperti ratapan seseorang.

Di tempat wisata ini, kamu bisa melakukan beberapa hal menarik berikut ini:

  • Melihat pemandangan Dieng, termasuk Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas.
  • Berfoto, misalnya dengan burung hantu.
  • Menyeberangi Jembatan Gantung Merah Putih yang memiliki ketinggian 10 meter. Tenang saja, kamu akan dibekali perlengkapan keamanan agar kamu tetap aman.
  • Menaiki flying fox.

Lalu, berapa tiket masuknya? Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya sekitar Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk balita masih belum dikenakan biaya masuk.

Untuk naik atau menikmati fasilitas atau atraksi yang ditawarkan, kamu perlu membayar biaya tambahan, misalnya flying fox. Selain itu, kalau kamu ingin berfoto misalnya di batu pandang, kamu harus rela mengantre.

Bagaimana dengan aksesnya? Aksesnya sudah bagus sehingga kamu tak perlu khawatir lagi.

Setelah sampai parkiran, kamu perlu melewati anak tangga agar bisa sampai ke puncak Batu Pandang Ratapan Angin. Jadi, kalau kamu tidak kuat atau berlibur bersama orang tua, kamu perlu berpikir ulang untuk ke tempat wisata ini. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menikmati waktu liburan di bawah, misalnya dengan berfoto, mencari oleh-oleh atau kulineran.

Jadi, berminat untuk liburan ke Batu Pandang Ratapan Angin?

5. Telaga Menjer

Telaga Menjer, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/wonosobohitz/)
LokasiMaron, Garung , Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rating ulasan4.4/5.0 – 4.127 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo30 menit (12.3 km) via Jl. Dieng. 31 menit (13.2 km) via Jl. Dieng dan Jl. Indah Sychar.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPenyewaan wahana seperti perahu. Spots foto. Spot memancing.

Berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan luas 70 ha, Telaga Menjer bisa jadi objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Wonosobo. Telaga yang memiliki kedalaman hingga 45 meter ini memungkinkan kamu untuk menikmati asrinya pemandangan alam, seperti perbukitan.

Kenapa? Ini karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan pengunjung Telaga Menjer tidak terlalu ramai. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin wisata alam dengan suasana yang cukup tenang.

Lalu, apa yang bisa dilakukan di sini?

Di Telaga Menjer, kamu bisa melakukan aktivitas menarik berikut:

  • Berkeliling telaga dengan menggunakan perahu. Selama 30 menit, kamu akan dibawa berkeliling telaga dan melewati pohon pinus dan semak belukar yang indah. Kalau beruntung, kamu pun akan bertemu dengan monyet yang ada di sekitar telaga.
  • Memancing.
  • Berfoto, misalnya memotret panorama alam Telaga Menjer.
  • Menggelar tikar sambil menikmati keindahan telaga dan pemandangan sekitar.

Bagaimana aksesnya? Apakah mudah?

Jalan menuju ke Telaga Menjer sudah beraspal. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, ataupun bus. Kalau kamu menggunakan bus, seperti bus pariwisata, pastikan sopir punya skill yang baik karena jalanannya sempit.

Untuk tiket masuk, kamu cukup membayar sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk naik perahu, kamu perlu membayar sebesar Rp20.000 dan untuk sewa perahu, kamu perlu membayar sebesar Rp200.000.

Sangat terjangkau kan?

Jadi, tertarik untuk wisata ke Telaga Menjer?

6. Embung Kledung

Embung Kledung, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/listiyana_16/)
LokasiJl. Raya Parakan-Wonosobo No. KM. 12, Area Sawah, Kledung, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Rating ulasan4.4/5.0 – 3.752 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo30—38 menit (20 km) via Jl. Raya Brengkok-Banjarnegara/Jl. Raya Parakan-Wonosobo dan Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok-Banjarnegara/Jl. Raya Kedu/Jl. Raya Parakan-Wonosobo.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto.

Ingin berwisata sambil berkemah dan menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing? Kamu bisa langsung ke Embung Kledung.

Sesuai namanya, Embung Kledung, kamu akan menemukan danau buatan atau embung yang di sekitarnya terdapat area kemah. Di area ini, kamu bisa membangun tenda bahkan memasang hammock untuk bersantai sambil menikmati pemandangan embung.

Bagaimana jika tidak membawa atau tidak punya perlengkapan kemah? Kamu bisa menyewa di pengelola Embung Kledung. Setelah itu, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp15.000 per orang untuk paket kemah.

Selain berkemah, kamu bisa melakukan atau menikmati hal berikut di Embung Kledung, di antaranya:

  • Memberi makan ikan hias di embung.
  • Menikmati sunrise dan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing.
  • Berfoto atau memotret panorama.
  • Bermain ayunan yang ada di pinggir embung.
  • Bersantai di hammock.
  • Mengunjungi perkebunan hortikultura.

Untuk sampai ke Embung Kledung, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun bus ukuran sedang. Namun, karena jalannya cukup sempit, kamu perlu berhati-hati jika menggunakan mobil atau bus ya.

Bagaimana dengan fasilitasnya? Di Embung Kledung, ada fasilitas seperti:

  • Area parkir yang luas.
  • Musala.
  • Toilet.
  • Warung makan.

Kalau kamu ingin ke sini, usahakan saat cuaca cerah ya agar kamu bisa menikmati pemandangan Embung Kledung dengan leluasa. Jadi, siap liburan ke Embung Kledung?

7. Gunung Prau

Gunung Prau, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/deny_prasetiyo.b/)
LokasiBakulan, Dieng, Wonosobo, Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000.
Rating ulasan4.8/5.0 – 2.799 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo55 menit (25,5 km) via Jl. Dieng.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataBukit Teletubbies. Bukit Cendani.

Ingin wisata sambil mendaki gunung yang ramah untuk pemula? Gunung Prau bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini berada di 4 kabupaten, yaitu Wonosobo, Kendal, Temanggung, Batang. Sedangkan untuk jalur pendakiannya, tersebar di Temanggung, Banjarnegara dan Wonosobo. Menurut hasil investigasi kami, saat ini ada 6 jalur pendakian Gunung Prau yang secara resmi dikelola oleh dinas pariwisata bersama warga setempat.

Di Kabupaten Wonosobo sendiri ada 4 jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu via:

  • Dieng.
  • Igirmranak.
  • Patakbanteng.
  • Kalilembu.

Masing-masing basecamp tersebut menawarkan jalur dan atraksi yang berbeda-beda. Misalnya di Igirmranak yang memiliki terowongan semak unik dan Bukit Cendani untuk menikmati sunset. Karena itu, kamu bisa memilih jalur pendakian sesuai dengan keinginan kamu.

Dari 4 jalur tersebut, Patakbanteng menjadi salah satu jalur yang terfavorit. Ini karena jalurnya pendek, ramah pemula, pemandangan yang indah. Rata-rata, kamu butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak.

Apa hanya bisa mendaki di Gunung Prau? Selain melakukan pendakian, kamu bisa memotret pemandangan alam. Misalnya, pemandangan Bukit Teletubbies, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Bagaimana kalau tidak kuat mendaki? Gunung Prau memiliki banyak jalur landai yang ramah untuk pemula walaupun rata-rata pendakian butuh waktu sekitar 2-4 jam. Selain itu, ada ojek yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Pos 1 atau dari Pos 1 ke basecamp.

Oh ya, siapkan fotokopi KTP dan sertifikat vaksin sebelum kamu mendaki ke Gunung Prau ya. 

Jadi, siap liburan ke Gunung Prau dan menikmati keindahan alam dari atas?

8. Dieng Plateau Theatre

Area wisata Dieng Plateau Theatre (kredit foto: Nur Dyah A.)
LokasiDieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000.
Rating ulasan4.4/5.0 – 2.624 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo1 jam 3 menit (28,1 km) via Jl. Dieng.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCandi Arjuna. Telaga Pengilon.Telaga Warna.

Dieng Plateau Theatre atau DPT pertama kali diresmikan tahun 2006. Tempat ini menyajikan informasi berbentuk audio visual seperti film tentang Dieng, di antaranya:

  • Sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng.
  • Aktivitas vulkanik dari gunung di Dieng.
  • Budaya dan kehidupan sosial masyarakat di Dieng.

Untuk menonton film tersebut, kamu hanya perlu masuk ke bioskop yang ada di Dieng Plateau Theatre yang mampu menampung sekitar 60 orang. Per 1 sesi film, durasinya 23-28 menit. Kamu perlu membayar lagi sekitar Rp5.000 per orang sebelum menonton film di sini. 

Sayangnya, lokasi Dieng Plateau Theater agak jauh dari pusat kota Wonosobo. Kamu harus melewati dulu tempat wisata seperti Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon sebelum sampai ke Dieng Plateau Theatre.

Selain menonton film, kamu bisa melakukan hal ini di Dieng Plateau Theatre, di antaranya:

  • Berfoto.
  • Melihat panorama Dieng dari batu pandang.
  • Menikmati kuliner seperti kentang goreng dan teh wulung.

Untuk fasilitasnya sendiri, Dieng Plateau Theatre menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya:

  • Tempat parkir.
  • Warung makan.
  • Musala.
  • Toilet.

Lalu, berapa biaya masuknya? Untuk biaya masuk, kamu perlu membayar biaya sebesar Rp25.000. Biaya ini sudah termasuk biaya masuk untuk area wisata yang ada di kawasan Dieng Plateau.

Walaupun begitu, besar biaya bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, kamu perlu bertanya lagi ke petugas untuk tahu harga tiket pastinya ya.

Yuk, lanjut ke daftar selanjutnya!

9. Wisata Arung Jeram Sungai Serayu

Wisata Arung Jeram Sungai Serayu, Wonosobo (Kredit foto: instagram.com/ajisetyajii/)
LokasiJl. Banjarnegara Km. 15, Randegan, Sigaluh, Randegan, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSenin—Kamis: 08.00—16.00 WIB. Jumat—Minggu: 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp185.000—Rp350.000.
Rating ulasan4.5/5.0 – 776 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo23 menit (14,7 km) via Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Banjarnegara-Wonosobo.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataArea down climbing, outbound dan paintball.

Ingin liburan yang beda dari yang lainnya? Kamu bisa langsung ke Arung Jeram Sungai Serayu.

Dengan tema one stop adventure activities, kamu bisa menikmati petualangan seru bersama dengan teman-teman kamu. Kamu akan diajak menyusuri sungai menggunakan perahu karet. Kamu pun bisa memilih paket arung jeram sesuai dengan keinginan kamu.

Ada 3 pilihan paket arung jeram, yaitu:

  • 1 jam dengan panjang lintasan 7 km.
  • 2 jam dengan panjang lintasan 14 km.
  • 5 jam dengan panjang lintasan 26 km.

Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi kalau kamu termasuk pemula tapi ingin mencoba arung jeram.

Lalu, berapa biayanya? Untuk biaya arum jeram, sekitar Rp185.000—Rp350.000. Semakin lama atau panjang lintasan arung jeram, maka biayanya akan semakin mahal.

Saat melakukan arum jeram, kamu akan diberi brief terlebih dahulu dan akan diberi perlengkapan rafting yang aman. Selain itu, ada guide, skipper, rescue team yang akan menemani kamu selama rafting agar tetap aman.

Selain rafting, kamu bisa melakukan hal berikut di area wisata Arung Jeram Sungai Serayu, di antaranya:

  • Down climbing.
  • Melakukan berbagai macam permainan outbound.
  • Paintball.
  • Berkemah di camp ground yang ada di pinggir sungai.
  • Menginap di traditional cottage dengan kapasitas 2-10 orang.
  • Menikmati festival yang diselenggarakan di kawasan Sungai Serayu. Misalnya, Banjar Banjir Dawet, Serayu Expo, Banjarnegara Hijau hingga lomba karawitan.

Jadi, siap rafting di Sungai Serayu?

10. Wonoland

Wonoland, Wonosobo (kredit foto: instagram.com/wonoland/)
LokasiJl. Lkr. Utara, Binangun, Sojopuro, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00—16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp15.000Anak-anak: Rp10.000.Anak di bawah usia 2 tahun: free.
Rating ulasan4.3/5.0 – 774 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Wonosobo19 menit (8 km) via Jl. Lkr. Utara. 21 menit (9,1 km) via Jl. Raya Kalibeber dan Jl. Lkr. Utara.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto. Playground. Peminjaman baju, misalnya baju ala Jepang dan Belanda. Memberi makan kelinci, burung, kambing.

Kalau kamu mencari tempat wisata untuk semua kalangan termasuk anak-anak, Wonoland bisa jadi pilihan yang tepat. Ini karena Wonoland tidak hanya menyajikan spots foto yang menarik tapi juga memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan. Misalnya dengan memberi makan burung, kelinci hingga kambing.

Selain itu, dari Wonoland, kamu bisa melihat pemandangan indah Kebun Teh Tambi dan Gunung SIndoro. Masih kurang? Kamu bisa menyewa kostum misalnya kimono lalu, kamu bisa berfoto di spots foto yang ada di Monoland, misalnya taman bunga.

Setidaknya, ada 30 jenis tanaman bunga yang ada di Wonoland. Mulai dari bunga matahari, kertas hingga bunga krisan yang memiliki berbagai jenis warna sehingga foto kamu lebih menarik.

Untuk anak-anak, ada playground yang bisa jadi pilihan kalau anak-anak merasa bosan atau ingin bermain dengan leluasa.

Kamu bisa ke sini dengan kendaraan pribadi atau pun bus besar seperti bus pariwisata. Selain aksesnya bagus, Wonoland juga punya tempat parkir yang luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan.

Jadi, tertarik untuk memasukkan Wonoland sebagai tempat wisata yang akan kamu kunjungi di Wonosobo?

Dari 10 rekomendasi tempat terbaik di Wonosobo di atas, mana yang menarik saja yang pernah kamu kunjungi? Atau, kamu punya daftar tempat wisata lainnya yang tidak kalah hits di Wonosobo? Share pengalaman atau rekomendasi tempat wisata Wonosobo yang terbaik versi kamu di kolom komentar ya. Selamat berlibur dan tetap patuhi protokol kesehatan!

Leave a Comment